Membangun Komunitas Pelanggan Bagi Merek

Membangun komunitas adalah salah satu kunci pemasaran dan pencitraan merek. Anda bisa saja menggelontorkan dana maksimal untuk semua strategi tapi bila tanpa diintegrasikan dengan strategi untuk membangun komunitas, tidak akan menemui hasil yang maksimal.

Komunitas semakin penting bagi bisnis, kita bisa melihatnya melalui fenomena pemasaran customer-centric, di mana perusahaan memusatkan fokus pada kebutuhan pelanggan. Mendapatkan pelanggan tidak mudah, maka pelanggan yang sudah ada merupakan aset bagi perusahaan. 

Kini mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi bentuk investasi pertumbuhan perusahaan. Tentunya untuk mempertahankan loyalitas, perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan mereka. Komunitas penting karena itu merupakan bagian dari pelanggan. Melalui membership komunitas, kita bisa memberikan penawaran-penawaran menarik bagi anggotanya. 

Dalam membangun sebuah merek, komunitas kini berperan sebagai media promosi, sarana membangun loyalitas, dan juga menjadi alat riset pasar sebelum perusahaan merilis suatu produk. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public relation bagi perusahaan. 

Kita bisa mengambil contoh dari usaha Polygon yang masuk ke komunitas Bike to work. Awalnya Polygon berkerjasama dalam bentuk penyediaan sepeda bagi komunitas. Lalu komunitas memberikan desain yang diinginkan anggotanya. Setelah itu, saat Polygon merilis sepeda tersebut dengan harga sekitar 1 jutaan, ternyata sukses di pasaran. Hal yang paling penting dalam membentuk komunitas yang sustainable adalah komitmen dan konsistensi. 

Komunitas yang kita bangun dapat membuat kegiatan menjadi efektif dan langsung mengenai sasaran konsumen yang akan dituju sehingga memiliki dampak langsung yang besar terhadap penjualan produk.
Kita juga bisa mengenal dan mempelajari lebih jauh karakteristik konsumen (seperti : demografi konsumen, preferensi, dan lifestyle), dapat mengetahui keinginan konsumen, serta memperoleh informasi tentang ide produk baru yang sesuai dengan kemauan konsumen. 

Komunitas merupakan duta merek yang secara otomatis menjadi media promosi kepada masyarakat yang lebih luas. Melalui komunitas akan menimbulkan citra merek yang baik, kesadaran akan merek yang tinggi, serta loyalitas atas merek yang kuat. 

Berikut beberapa tips dalam membangun sebuah komunitas:
a. Pastikan membangun komunitas yang sesuai dengan nilai dan manfaat dari merek.
b. Bangun interaksi yang sering dan dekat dengan anggota komunitas.
c. Buat kegiatan atau gerakan yang melibatkan anggota komunitas secara aktif agar muncul ikatan emosional kepada merek Anda.
d. Update informasi secara konsisten yang berguna bagi anggota komunitas.
e. Berikan sarana agar anggota komunitas dengan secara "sukarela" menceritakan, membagikan, dan membela merek Anda.
f. Tunjukkan kepedulian sebagai merek dan sebagai sesama anggota jika ada anggota komunitas yang membutuhkan bantuan.
g. Alokasikan biaya secara terencana dalam rangka membangun komunitas.
h. Bangun peraturan yang berlaku bagi semua anggota komunitas yang tentunya disepakati dan di jalankan secara sukarela.

Related

TipS 532195111170433149

Follow Us

Connect Us

Side Ads

Text Widget

Info Pasang Iklan
KlikDisini !

Recent

Comments

Flag Counter

Social Community

item