Membangun Komunitas Pelanggan Bagi Merek
https://onani-crot.blogspot.com/2014/06/membangun-komunitas-pelanggan-bagi-merek.html
Komunitas semakin penting bagi bisnis, kita bisa melihatnya
melalui fenomena pemasaran customer-centric, di mana perusahaan
memusatkan fokus pada kebutuhan pelanggan. Mendapatkan pelanggan tidak mudah,
maka pelanggan yang sudah ada merupakan aset bagi perusahaan.
Kini mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi bentuk
investasi pertumbuhan perusahaan. Tentunya untuk mempertahankan loyalitas,
perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan mereka. Komunitas penting karena itu
merupakan bagian dari pelanggan. Melalui membership komunitas, kita bisa
memberikan penawaran-penawaran menarik bagi anggotanya.
Dalam membangun sebuah merek, komunitas kini berperan sebagai
media promosi, sarana membangun loyalitas, dan juga menjadi alat riset pasar sebelum
perusahaan merilis suatu produk. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public
relation bagi perusahaan.
Kita bisa mengambil contoh dari usaha Polygon yang masuk ke
komunitas Bike to work. Awalnya Polygon berkerjasama dalam bentuk penyediaan
sepeda bagi komunitas. Lalu komunitas memberikan desain yang diinginkan
anggotanya. Setelah itu, saat Polygon merilis sepeda tersebut dengan harga sekitar
1 jutaan, ternyata sukses di pasaran. Hal yang paling penting dalam membentuk
komunitas yang sustainable adalah komitmen dan konsistensi.
Komunitas yang kita bangun dapat membuat kegiatan menjadi
efektif dan langsung mengenai sasaran konsumen yang akan dituju sehingga
memiliki dampak langsung yang besar terhadap penjualan produk.
Kita juga bisa mengenal dan mempelajari lebih jauh karakteristik
konsumen (seperti : demografi konsumen, preferensi, dan lifestyle),
dapat mengetahui keinginan konsumen, serta memperoleh informasi tentang ide produk
baru yang sesuai dengan kemauan konsumen.
Komunitas merupakan duta merek yang secara otomatis menjadi
media promosi kepada masyarakat yang lebih luas. Melalui komunitas akan
menimbulkan citra merek yang baik, kesadaran akan merek yang tinggi, serta
loyalitas atas merek yang kuat.
Berikut beberapa tips dalam membangun sebuah komunitas:
a. Pastikan membangun komunitas yang sesuai dengan nilai dan
manfaat dari merek.
b. Bangun interaksi yang sering dan dekat dengan anggota
komunitas.
c. Buat kegiatan atau gerakan yang melibatkan anggota komunitas
secara aktif agar muncul ikatan emosional kepada merek Anda.
d. Update informasi secara konsisten yang berguna bagi
anggota komunitas.
e. Berikan sarana agar anggota komunitas dengan secara
"sukarela" menceritakan, membagikan, dan membela merek Anda.
f. Tunjukkan kepedulian sebagai merek dan sebagai sesama
anggota jika ada anggota komunitas yang membutuhkan bantuan.
g. Alokasikan biaya secara terencana dalam rangka membangun
komunitas.
h. Bangun peraturan yang berlaku bagi semua anggota komunitas
yang tentunya disepakati dan di jalankan secara sukarela.