6 Tips Kecil Ini Dapat Meningkatkan Penjualan Anda

https://onani-crot.blogspot.com/2014/11/6-tips-kecil-ini-dapat-meningkatkan.html
Meningkatkan penjualan sebuah
bisnis tidak harus dengan cara yang sulit dan kompleks. Tidak butuh ide
bisnis dengan berjuta keruwetan yang pastinya akan sulit dipahami.
Penjualan sebuah bisnis bisa ditingkatkan dari hal – hal yang kecil
sekalipun yang kita lakukan. Tanpa kita sadari, cara kecil itu akan
berdampak besar bagi bisnis kita. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan
untuk meningkatkan penjualan?
1. Menepati janji
Meningkatkan penjualan bukan
hanya tujuan akhir dari berbisnis. Kita juga harus bisa membuat
pelanggan bertahan dan terus mencari kita setiap mereka membutuhkan
sesuatu. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu berusaha
menepati setiap janji yang Anda berikan. Anda bisa saja menjanjikan
akan memberikan harga murah, kualitas bagus, diskon apapun, dan lain
sebagainya. Namun jika Anda tidak menepatinya, kepercayaan pelanggan
akan mulai hilang kepada Anda. Maka buatlah pelanggan merasa nyaman dan
betah berada pada bisnis Anda.
2. Jujur
Selain menepati janji,
kejujuran dalam sebuah bisnis harus Anda junjung tinggi. Sebenarnya
jujur bukan hal yang hanya Anda butuhkan untuk berbisnis, tetapi untuk
semua kegiatan, Anda harus selalu bersikap jujur. Jujurlah jika memang
Anda tidak menjual produk yang mereka inginkan. Jangan janjikan barang
ada saat itu juga, tapi Anda tahu itu sulit atau bahkan akan lama
terwujudnya. Anda juga harus jujur kepada pelanggan, ketika mereka
menghubungi Anda. Kepercayaan pelanggan sebuah toko terletak pada
kejujuran dari penjualnya. Ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki toko
online. Bukan berarti karena pelanggan tidak mengetahui apa yang Anda
jual, lalu Anda hanya berkata yang mengindahkah produk Anda, tetapi
pelanggan malah tertipu oleh Anda.
3. Ketepatan waktu
Berbisnis harus disertai
dengan sikap disiplin yang tinggi. Jika Anda selalu membuka toko pada
pukul 08.00, maka konsistenlah untuk terus disiplin pada waktu itu. Ini
juga berlaku bagi pemilik toko online yang membuka line chating dan
telepon pada waktu – waktu tertentu, maka Anda harus tepat waktu. Tidak
ada yang akan mengira, kapan pelanggan membutuhkan dan mencari Anda,
bukan? Pada saat proses pengiriman barang, Anda harus jujur kapan waktu
barang yang dipesan akan tiba. Ini juga harus disesuaikan dengan jasa
pengiriman barang Anda. Jangan biarkan pelanggan menunggu tanpa
kepastian untuk mendapatkan barang yang Anda jual.
4. Berani mengakui kesalahan
Melakukan suatu kegiatan,
tentu tidak terlepas dari kesalahan yang bisa saja terjadi, baik dari
segi pelayanan ataupun teknis pengiriman. Jika memang ada kesalahan yang
terjadi pada produk yang dipesan pelanggan, maka beranilah mengakui
kesalahan. Jika barang yang dipesan mengalami kerusakan saat proses
produksi, maka jangan ragu untuk mengabarkan pelanggan Anda, dan jika
itu memang kesalahan dari teknis Anda, maka cobalah untuk menjadi
bertanggungjawab dengan memperbaikinya. Memberikan jaminan juga menjadi
salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita.
5. Tenang dalam menanggapi masalah
Berbisnis akan menghadapi
banyak tantangan dan masalah, ini sudah pasti akan memicu adanya sebuah
amarah yang akan berakibat fatal jika Anda sulit mengaturnya. Penting
bagi semua pemilik bisnis untuk bisa tenang dalam menanggapi setiap
masalah yang ada. Tua atau muda, tidak menjadi perbedaan kita untuk bisa
menjadi lebih dewasa saat kita sudah memiliki tanggungjawab mengatur
sebuah bisnis.
6. Pelihara yang sudah ada
Jika dirasa apa yang Anda miliki saat
ini sudah sangat baik dan banyak menguntungkan, maka peliharalah apa
yang Anda miliki dengan maksimal. Dari kualitas produk dan layanan yang
sudah ada, coba pertahankan dengan selalu memeriksa secara rutin keadaan
keduanya. Anda juga harus tahu apa yang sedang berkembang saat ini, dan
dari situ Anda akan mendapatkan cara untuk mengembangkan apa yang ada
saat ini menjadi lebih baik lagi.